Kamis, 02 Juli 2015

Perkembangan Ilmu Pengetahuan

Ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Dalam penggolongannya, ilmu pengetahuan sendiri dibedakan menjadi 3 golongan, antara lain:

  1. Ilmu Alam merupakan ilmu-ilmu yang objeknya adalah benda-benda alam. Ilmu yang dikenal dengan sebutan science ini, digunakan para ilmuwan untuk melakukan penyelidikan terhadap gejala dan fenomena alam yang terjadi. Cabang-cabang dari ilmu alam ini antara lain: astronomi, fisika, biologi, ekologi, fisika, geologi, geografi, ilmu bumi, dan fisika. Matematika tidak termasuk dalam ilmu alam, namun matematika menjadi alat/sarana yang digunakan dalam ilmu-ilmu alam.
  2. Ilmu Sosial adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Ilmu ini memiliki cabang yang biasanya dengan fokus dipelajari di jenjang pendidikan tingkat atas seperti Sekolah Menengah Atas (SMA), dan lebih dispesifikkan lagi dalam fakultas dan jurusan dalam perguruan tinggi atau universitas. Cabang-cabang tersebut adalah antropologi, ekonomi, geografi, hukum, linguistik, pendidikan, politik, psikologi, sejarah, dan sosiologi.
  3. Ilmu Terapan ialah penerapan pengetahuan dari satu atau lebih bidang-bidang. Ilmu terapan ini biasanya menjadi bidang-bidang yang dipelajari dalam Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), contohnya ilmu komputer dan informatika, serta ilmu rekayasa yang terdiri dari ilmu biomedik, ilmu pertanian, rekayasa listrik, dan rekayasa pertanian.
Seperti halnya dalam perkembangan IT, ilmu pengetahuan dikembangkan guna mempermudah pekerjaan manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang membutuhkan kemampuan fisik yang besar, kini bisa diperkecil dengan bantuan mesin-mesin otomatis yang merupakan hasil dari ilmu pengetahuan itu sendiri. Namun manusia harus bisa memilah bagaimana menggunakan perkembangan-perkembangan tersebut menjadi sesuatu yang positif. Sebab ilmu pengetahuan hanya memberikan sebuah kenyataan. Kebenaran manusiawi harus lebih dari sekedar objektif.
Teknologi tidak bisa kita hindari dari kehidupan ini, karena teknologi dan ilmu pengetahuan berjalan beriringan. Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, maka penciptaan teknologi akan terus berkembang. Seperti misalnya adanya ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang manusia. Dari ilmu-ilmu tersebut, manusia bisa membuat manusia sendiri lewat teknologi yang disebut kloning. Dan lagi kecanggihan alat-alat medis untuk membantu manusia dalam bidang kesehatan.
Ilmu pengetahuan berkembang sesuai dengan periode dari masa ke masa, penjelasannya sebagai berikut:
1. Zaman Pra Yunani Kuno (Zaman Purba)
Pada era ini, secara umum terbagi menjadi tiga fase, yaitu: Zaman Batu Tua (masa prasejarah, era ini berlangsung sekitar empat juta tahun SM (sebelum Masehi) sampai 20.000 atau 10.000 tahun SM), Zaman Batu Muda (berlangsung tahun 10.000 SM sampai 2.000 SM atau abad 100 sampai 20 SM) dan Zaman Logam (berlangsung dari abad 20 SM sampai abad 6 SM).
2. Zaman Yunani Kuno (berlangsung dari abad 6 SM sampai dengan sekitar abad 6 M).
3. Zaman Pertengahan (Zaman ini masih berhubungan dengan zaman sebelumnya. Karena awal mula zaman ini pada abad 6 M sampai sekitar abad 14 M).
Di kerajaan bangsa Arab, ilmu pengetahuan melahirkan tokoh-tokoh yang berperan di dalamnya. Mereka adalah sebagai berikut :
  • Al-Kindi, filsuf pertama dari kalangan Islam yang berkarya dalam bidang geometri, astronomi, aritmatika, musik, fisika, medis, psikologi, meteorologi, dan politik.
    Al-Kindi
  • Al-Farabi, komentator filsafat Yunani ini berkontribusi dalam bidang matematika, filosofi, pengobatan, bahkan musik.
  • Al-Khawarizmi, yang karyanya berupa buku pertamanya Al-Jabar berdampak besar pada bidang matematika.
  • Ibnu Sina, Avicenna di dunia barat ini merupakan bapak pengobatan modern yang berkarya dalam bidang-bidang kedokteran.
  • dll.
4. Zaman Renaissance (Zaman ini berlangsung pada awal abad 14 M sampai dengan abad 17 M).
5. Zaman modern (Zaman ini sebenarnya sudah terintis mulai dari abad 15 M. Tetapi, indikator yang nyata terlihat jelas pada abad 17 M dan berlangsung hingga abad 20 M).
6. Zaman Kontemporer (Zaman ini bermula dari abad 20 M dan masih berlangsung hingga saat ini).

Ilmu pengetahuan mencakup berbagai bidang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar